Template by:
Free Blog Templates

Rabu, 04 April 2012

TIK BAB IV

Menjelajahi Internet
  1. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperlancar pencarian atau akses Internet adalah menghindari jam sibuk, menambahkan cache browser, tidak menampilkan animasi dan multimedia, menghentikan proses download, membuka jendela baru, menggunakan fungsi klik kanan, dan menyimpan situs favorit.
  2. Cara menambahkan Cache pada browser adalah : Pilih menu Tools - Pilih Internet Options - Pilih tab General - Pada bagian Temporary Internet Files, klik Setting - Di bawah Amount of disk space use, geser tombol ke arah kanan - Ok.
  3. Jika menemukan sebuah situs atau halaman web yang menarik dan berencana untuk mengunjunginya kembali pada suatu saat, sebaiknya disimpan ke dalam daftar favorit.
  4. Cara menonaktifkan animasi dan multimedia adalah : Pilih menu Tools pada Internet Explorer - Pilih Internet Options - Pilih tab Advanced - Geser layar ke bawah sampai ke bagian Multimedia - Hapus tanda cek pada opsi Play animation in web pages - Ok.
  5. Cara membuka jendela baru pada saat browsing adalah dengan cara menekan CTRL + N atau klik menu File - New - Windows.
  6. Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman web dan belum selesai juga, klik tombol Stop.
  7. Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online.
  8. Penggunaan tombol klik kanan mouse banyak manfaatnya dan sangat membantu kegiatan browsing. Jika pointer mouse menunjuk sebuah link, kemudian klik kanan link tersebut maka akan muncul menu Open, Open In New Window, Save Target As, Print Target, Copy Shortcut.
  9. Open : Untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link.
  10. Open in New Window : Untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link pada jendela baru.
  11. Save Target As : Untuk menyimpan file yang ditunjuk oleh link.
  12. Print Target : untuk mencetak halaman web yang ditunjuk oleh link.
  13. Copy Shortcut : Untuk mengkopi alamat URL dari link yang dimaksud.
  14. Jika pointer mouse berada di atas sebuah gambar, maka akan muncul menu Save Picture As atau Save Background As untuk menyimpan file gambar itu ke harddisk.
  15. Halaman web yang telah tersimpan di harddisk komputer, sewaktu-waktu dapat dibuka kembali tanpa harus melakukan koneksi ke Internet.
  16. Mencari data atau informasi di Internet memerlukan bantuan perangkat lunak pencari yang disebut mesin pencari atau search engine.
  17. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail, kita harus memiliki alamat e-mail pribadi pada situs tertentu.
  18. Jika telah mempunyai alamat e-mail pribadi, kita dapat langsung login tanpa harus mendaftar dahulu.
  19. Login ke alamat e-mail pribadi dapat dilakukan dengan cara : Bukalah situs e-mail - Klik pada pilihan Mail - Masukan ID dan Password - Klik Login
  20. Cara menulis dan mengirimkan e-mail adalah : Login ke alamat e-mail - Klik pada pilihan Tulis - Tuliskan alamt e-mail yang dituju, kemudian tuliskan pesannya - Tekan Kirim.

0 komentar:

Posting Komentar