Template by:
Free Blog Templates

Rabu, 04 April 2012

TIK BAB II


Perangkat Jaringan Dan Koneksi Internet

   1.   Jarinagn komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubunghubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
   2.   Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus
yang berukuran sampai 10 km.
   3.   Metropolitan Area Network (MAN) terdiri dari dua atau lebih jaringan LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas maksimum adalah 80 km.
   4.   Wide Area Network (WAN) adalah jarinaga yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, bahakan ke luar angkasa.
   5.   Untuk membuat sambungan Internet dengan dial up connection diperlukan unit komputer, modem, dan jaringan telepon.
   6.   Untuk membangun sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal), bridge (penghubung antarjaringan), router (pengatur lalu lintas dalam jarinag), dan gateway.
   7.   Untuk membuat sambungan Internet dengan leased line diperlukan alat tambahan berupa router.
   8.   Untuk membuat sambungan Internet dengan hubungan wireless diperlukan alat tambahan berupa antena wireless.
   9.   Client-Server adalah jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server.
 10.   Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secar bersamaan.
 11.   Topologi Bus adalah topologi yang memiliki satu kabel yang terhubung ke server jadi komputer yang ingin masuk ke topologi bus harus menyambungkan kabel BNCnya ke kabel BNC server. Karena topologi ini menggunakan BNC server.
 


 12.   Topologi Cincin (Ring) adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

 


  13.   Topologi Bintang (Star) merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah


 

  14.   Topologi Mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).


 


  15.   Topologi Pohon (Tree) adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone. 

0 komentar:

Posting Komentar